/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Dalam event Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan yang ke 3 tahun 2017 lalu, Etnis Minang keluar sebagai pemenang juara terbaik I dalam kategori  penampilan seni budaya.

" Untuk pelaksanaan PSBD Asahan ke 4 tahun ini, kita akan berupaya menampilkan yang terbaik," kata ketua Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) Kabupaten Asahan Safnil SPd MSi, Rabu (4/12/2019) saat berada di lokasi acara.

Lanjut Safnil yang juga merupakan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kisaran itu menjelaskan bahwa di tahun ini etnis Minang menampilkan bermacam tarian daerah yakni tari parsambahan minang, tari rantak, tari piring , tari payung serta diakhiri dengan hiburan Kesenian Irama Minang (KIM) dengan berbagai hadiah yang akan di berikan kepada para pemenang.

Selain itu, Etnis Minang juga menampilkan pakaian Adat pernikahan Minang, Pelaminan Adat, Senjata tradisional,alat musik tradisional minang, replika jam Gadang, dan Replika Rumah Adat Minang.

Safnil juga mengucapkan terimakasih kepada warga minang yang telah berperanserta dalam pelaksanaan kegiatan ini sehingga Stand etnis minang dapat mengikuti serta memeriahkan PSBD tahun 2019 ini.

Safnil berharap kepada masyarakat minang untuk terus melestarikan adat minang di tengah perantauan sehingga warga minang dibawah bendera BM3 dapat maju dan bersatu.

Safnil juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah konsisten menggelar PSBD di Kabupaten Asahan, semoga acara PSBD di tahun tahun berikutnya lebih meriah lagi.

Sementara itu, Ketua panitia, Iptu Rianto SH.MAP  mengatakan bahwa PSBD Asahan dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, tahun 2019 ini kita laksanakan dari tanggal 21 November sampai 6 Desember 2019. Peserta PSBD tahun ini berjumlah 14 Etnis yaitu Etnis Pakpak, Jawa, Karo, Nias, Batak Toba, Aceh, Tabagsel, Tionghoa, India, Simalungun, Sunda, Banjar, Minang dan Etnis Melayu. (DS)

Post a Comment

Disqus