/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali




MEDAN, Sumutrealita.com - Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili oleh Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si membuka Pertemuan Penyusunan Kebijakan Strategi Daerah Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, Jumat (14/09/2019) di Ruang Rapat III, kantor Wali Kota Medan. 

Dalam sambutannya Wakil Walikota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si ini mengatakan Pemko Medan tengah menyusun kebijakan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Salah satu strategi yang perlu dilakukan adalah mengubah pola pikir masyarakat agar memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan. 

Ia mengatakan, masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan kota. 

"Ungkapan "kebersihan adalah sebagian dari iman" harus menjadi kesadaran kolektif bagi masyarakat Medan," katanya

"Salah satunya agar masyarakat dapat mewadahi sampah dan meletakkan di tempat yang di lintasi oleh petugas kebersihan agar dapat diangkut. Jangan sampah dibiarkan berserak, dibuang ke parit, atau ke sungai," kata Wakil Wali Kota Medan menambahkan

Wakil Wali Kota Medan juga menerangkan, sistem pengelolaan sampah rumah tangga ini dapat mengacukan 3 R. Ketiganya adalah Reduce yakni mengurangi sampah dengan mengurangi pemakaian barang atau benda yang tidak terlalu dibutuhkan, Reuse yakni memakai dan memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang baru, dan Recycle yaitu mendaur ulang kembali barang yang lama menjadi barang baru. 

Pertemuan Penyusunan Kebijakan Strategi Daerah Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga ini diisi dengan pemaparan dari Ketua tim Ahli IKA Program Studi PSDA dan Lingkungan USU dan anggota Tim Ahli Penyusunan Jakstrada Provsdu, Dr. H. Indra Utama, SE, M.Si. 

Di hadapan Kadis Kebersihan dan Pertamanan, H. Muhammad Husni, SE, M.Si dan segenap pimpinan organisasi perangkat daerah dan camat se-Kota Medan yang menghadiri pertemuan, Indra Utama memaparkan materi tata cara dan penyusunan Jakstrada pengelolaan sampah rumah tanggan dan sampah sejenis sampah rumah tangga. 

(MS/AzMi)

Post a Comment

Disqus